Perhatikan Hal-hal Ini Saat Memasang Rangka Baja Ringan

Perhatikan Hal-hal ini saat memasang rangka Baja ringan yang sekarang ini telah menjadi material pilihan utama sebagai rangka atap rumah, ruko, kantor bahkan gedung. Kita semua pasti sudah tahu dong tentang material baja ringan ini? Kita rasa kalian yang berkecimpung di dunia konstruksi tahu, deh, material satu ini karena memang material satu ini sedang hits sekarang. Baja ringan sudah umum penggunaannya sebagai pengganti kayu untuk rangka atap, sebagai kanopi, bahkan sebagai pagar dan lainnya.

untuk melihat portofolio kami, silakan lihat di channel youtube kami: renovasi atap beban -+19 ton oleh tim Amanah Konstruksi

Perhatikan Hal-hal ini saat memasang rangka Baja Ringan Khususnya Sebagai Rangka Atap

Nah dalam artikel kali ini kami akan memberikan hal-hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam konstruksi baja ringan agar aman dan sesuai standar.

Oke.. langsung saja kita ulas . Let’s check it out..

Butuh jasa pengecoran beton untuk konstruksi anda? Cek harga terbaik di Sinergi Mix
Cloud Hosting Indonesia

Anyway, Sekarang ini baja ringan sudah menjadi material ‘wajib’ dalam konstruksi terutama konstruksi atap. Mulai dari atap hunian, ruko, gedung, dan juga bangunan lainnya. Baja ringan sejak ditemukannya sampai sekarang telah berperan menggantikan konstruksi rangka kayu yang usianya lebih sebentar pada umumnya bila kita bandingkan dengan baja ringan. Juga berdasarkan dari pengalaman kami sebagai aplikator baja ringan, 100% dari customer kami yang ingin merenovasi atap rumahnya ingin material lamanya yang berupa kayu mereka ingin ganti menjadi baja ringan. Tentu dari segala kelebihan yang baja ringan miliki membuat pemilik rumah ingin memakai material baja ringan ini.

Namun tetap ada hal-hal yang harus kita perhatikan saat akan mengganti atau merehabilitasi atap rumah kita yang sebelumnya berangka kayu ke dalam baja ringan. Berdasarkan pengalaman kami, berikut hal-hal yang harus anda perhatikan dalam merenovasi/mengganti rangka atap kita bagunan kita ke baja ringan.

Kualitas Baja Ringan

Kualitas baja ringan menjadi salah satu faktor penting penentu kekuatan dalam memasang rangka atap baja ringan. Dari pengalaman di lapangan untuk segela jenis genteng atau penutup atap yang ada sekarang dari mulai yang ringan seperti genteng metal, spandek, bitumen, sampai yang paling berat seperti genteng beton kami menyarankan untuk menggunakan baja ringan SNI dengan tebal minimal 0.75 mm full. Dengan ketebalan reng minimal 0.40 mm. Tentunya hal ini juga didukung oleh banyak teori perhitungan yang para ahli telah menelitinya dari kekuatan, elastisitas, ketahanan dan lainnya.

  Cek: Harga Beton Cor Ready Mix Kompetitif dengan mengunjungi Amanah Konstruksi 

Kuda-kuda pada Rangka Atap baja ringan

Berdasarkan perhitungan dari software SAP dan analisis dari lapangan langsung, ada jarak maksimal antar kuda-kuda yang diizinkan saat membuat rangka atap. Jarak kuda-kuda tersebut tergantung pada jenis genteng/penutup atap yang kita pakai dan spesifikasi baja ringan yang digunakan. Untuk atap dengan jenis genteng ringan seperti genteng metal, spandek zincalume, jarak aman maksimal antar kuda-kuda adalah 1.2 m dengan spesifikasi baja ringan kanal C 0.75 mm dan reng 0.40 mm SNI. Untuk genteng yang lebih berat seperti keramik, beton masih boleh jarak 1 m dengan spek tersebut. Desain kuda-kuda juga menentukan.

Perhatikan hal-hal ini saat memasang rangka baja ringan. analisis struktur di amanah konstruksi
gambar perancangan kuda-kuda berikut perhitungan beban

Bentangan

Batas bentangan baja ringan berdasarkan perhitungan beban melalui sofware SAP adalah 20 meter. Kami tidak menyarankan penggunaan baja ringan pada bentangan rangka/kuda-kuda atap melebihi 20 m. Itupun saat pengerjaan harus dianalisa melalui software dan juga analisis tim lapangan yaitu ada keadaan-keadaan di lapangan yang tidak bisa dianalisis oleh software.

Keadaan Ring Balok

Faktor penting dalam membangun rangka baja ringan yaitu ring balok atau sloof. Ring balok atau yang juga biasa kita sebut sloof/kolom horisontal paling atas pada bangunan. Pastikan bahwa ring balok yang akan dipasang kuda-kuda tersebut kuat. Jika tidak kuat bisa tercerabut oleh kuda-kuda. Umut ring balok harus benar-benar matang, jangan sekali-kali memasang kuda-kuda jika umur ring balok belum cukup.

Masih ada lagi yang harus diperhatikan selain hal-hal di atas yang akan kami bahas selanjutnya..

dan by the way jika kalian butuh jasa untuk konstruksi baja ringan silakan hubungi kita, Amanah Konstruksi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: copyright © amanahbaja.com