Pemasangan Bondek/Floordeck

Pemasangan Bondek/Floordeck – Bondek atau yang juga biasa disebut floor deck merupakan bahan penulangan positif satu arah pada lantai beton bangunan bertingkat. Lembaran panel/plat bergelombang ini terbuat dari baja struktur dengan tebal 0,75mm dan 1,00 mm yang digalvanis secara merata.

Fungsi bondek yaitu sebagai bekisting tetap dan langit-langit ruangan bangunan. Meskipun dapat dipasang sesuai panjang yang dibutuhkan namun untuk memudahkan dalam pemasangan dan pengangkutan dianjurkan panjang maksimum 12,00 meter. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan bondek:

  • Floor deck dapat dipasang diatas tumpuan Portal konstruksi Baja, Portal konstruksi Beton, Konstruksi Pas dan Batu bata.
  • Ketika pemesanan panjang floor minimal harus dapat menutup 2 bangunan dan karenat panjang dek yang dapat dipasang bisa mencapai 12 m maka sebaiknya dapat menutup jarak bentang seefisien mungkin.
  • Sambungan di antara 2 panjang panel krisdek diusahakan seminimal mungkin.
  • Ketika beton masih basah, fungsi panel dek sebagai begisting yang aman, meskipun demikian harus dihindari pemutusan beban dan dianjurkan pula menggunakan papan untuk lintasan pekerja.
Bondek/floordeck yang sekarang banyak menjadi pengganti papan kayu dalam pengecoran bangunan berlantai karena lebih efektif dan efisien
Bondek/Floordeck (Draft)

Metode Pemasangan Bondek/Floordeck

Panel harus segera dipakukan/dimatikan setelah pemasangan selesai untuk menghindari terjadinya pergeseran yang diakibatkan beban yang bekerja pada konstruksi, pada umumnya diletakan minimum 5 cm bibir balok baja atau 2.5 cm pada balok beton. Pada saat pelaksanaan harus dihindari adanya pemusatan beban seperti tumpukan beton cor. Sebaiknya bagian yang memikul beban / dalam letak berat dicor lebih dahulu dan disarankan gunakan balok kayu sebagai lintasan jalan pekerja.

Pemasangan bondek/floordeck pada Batok Beton
Panel Floordeck dapat dipasang sebagai bentang menerus/bentang tunggal. Untuk bentang tunggal, balok/dinding pemikul dicor bersamaan dengan Floordeck yang diletakan di atas bekisting kayu dan dimatikan dengan angkur yang sudah dipasang terlebih dahulu. Untuk  bentang menerus maka panel-panel Floordeck dilubangi dan angkur masuk dibengkokan kemudian siap dicor menjadi satu dengan balok-balok pemikul. Tulangan negative diatas balok pemikul tetap diperlukan. Angkur pengikat panel Floordeck akan berfungsi juga sebagai penahan geser, bila balok-balok pemikul tengah diperhitungkan sebagai balok T dan balok tepi sebagai balok L. Dalam hal ini luas penampang angkur harus diperhitungkan berdasarkan diagram gaya lintang.

Pemasangan bondek/floordeck Pada Baja
Panel Floordeck barulah dipasang setelah rangka atap baja selesai didirikan, dilot dan di waterpass. Panel biasanya dipasang sebagai bentang menerus/bentang tunggal pada balok pemikul dengan menggunakan pengikat las listrik atau paku yang ditembakan. Bila menggunakan las, panel Floordeck pada bagian ujung-ujungnya dilas dibagian rata kaki rusuk-rusuk panel dengan diameter spot weld minim 1 cm. Pada balok pemikul tengah, panel dilas pada bagian rata kaki rusuk betina di setiap lembar panel. Kawat las yang digunakan haruslah kawat las bermutu tinggi, berukuran 3.25 mm dari baja cellulose AC atau DC, dan pengelasan dilakukan dari atas ke bawah. Bila menggunakan paku yang ditembakan atau paku keling biasa, dapat dipakai paku yang berukuran diameter +/- 4mm dan panjang yang cocok sebagai penganti setiap spot weld.

Sebelum kita lanjutkan ulasannya, jika ada yang ingin dikonsultasikan tentang bondek atau jika anda ingin membeli bondek dan juga material lain, silakan hubungi:

Bpk. Faiz (0815-8587-8367)

Dan jika anda ingin melihat list harga dari kami silkan klik —> Daftar Harga Bondek di amanahbaja.com

Bagian-bagian Penting Dalam Pemasangan Bondek/Floor deck

Tiang Penyangga
Untuk bentang besar, tiang penyangga diperlukan untuk meniadakan lendutan panel. Floordeck pada waktu beton masih basah. Tiang penyanga harus cukup kuat dan mempunyai daya dukung yang cukup agar tidak terjadi penurunan. Hubungan langsung antara Floordeck dengan balok kayu mudah/basah harus dihindari untuk mencegah timbulnya noda halus pada dasar Floordeck. Tergantung dari bahan dan keadaan pemeliharaan beton sesudah dicor, biasanya tiang penyangga sementara dapat dicabut/dilepas setelah beton berumur 7 sampai 14 hari. Pembebanan penuh dengan rencana baru dapat diberikan setelah beton berumur28 hari, dimana kekuatan beton telah tercapai.

Tulangan Susut
Tulangan susut disarankan dipakai untuk semua jenis plat. Itu berfungsi selain untuk mengatasi perubahan temperature, juga untuk mendistribusikan pembebanan. Tulangan minimum diletakan 2 cm dibawah permukaan atas beton Wiremesh ini harus menutup seluruh permukaan pelat dan sesuai dengan ketentuan pabrik pembuatnya, untuk mendapatkan kekuatan dalam 2 arah. Untuk pelat-pelat beton khusus yang kedap air dan pelat – pelat luar yang berhubungan langsung dengan sinar matahari diperlukan tulangan susut yang lebih berat.

Cara Pemasangan Bondek

Pemasangan Dengan Cara Mengelas Studbolts
Pemasangan Floordeck dengan sistem ini tidak tergantung pada pemasangan studs. Harus dilakukan pengelasan. Panjang Floordeck bisa mencapai max 12 m. Tidak memerlukan pemasangan end stop.

Pemasangan Dengan Mengunakan Power Gun
Pemasangan Floordeck dengan sistem ini tidak tergantung pada pemasangan studs. Tidak memerlukan pengelasan. Panjang Floordeck bisa mencapai max 12 m Tidak memerlukan pemasangan end stop.

Pemasangan Pada Floordeck Diatas Balok Baja Yang Telah Dipasang Studbolts
Pemasangan Floordeck dengan sistem ini sangat tergantung pada pemasangan studs. Panjang Floordeck tergantung pada jarak studs antar balok. Diperlukan Foam closer atau ends stop pada setiap ujung metal deck.

PENGIKATAN DENGAN CARA LAS
⦁ Pada bagian ujung dek,di las cantum berdiameter 10 mm, pada bagian rata sisi-sisi rusuk panel dengan arah pengelasan dari atas ke bawah.
⦁ Pada tumpuan tengah setiap panel dek dilas pada bagian rata sisi rusuk betina. Kawat las yang digunakan harus bermutu tinggi dari jenis baja colulose AC/CD berukuran 3,25 mm

PERSIAPAN PENGECORAN
⦁ Sebelum pengecoran dilakukan penyempurnaan pemasangan dek dengan cara :
⦁ Penutupan lubang rusuk dek pada sisi bidang lantai cor dengan menggunakan pita perekat.
⦁ Penyempurnaan sambungan tumpuan sisi rusuk panel dek sejarak +/- 100cm dengan alternatif dilas cantum, di rivet dia 5 mm, di sekrup.
⦁ Bila dalam perhitungan diperlukan danya penahan geser, maka penahan geser tersebut dilas/tertanam pada balok tumpuan diantara lembeh rusuk dek. Jrak dari ujung penahan geser ke permukaan beton tidak boleh kurang dari selimut beton (+/- 25 mm) jarak penempatan harus dihitung berdasarkan diagram gaya lintang balok.
⦁ Tulangan sudut agar dapat dicapai pembebanan yang merata serta mengatasi keretakan lantai beton akibat perubahan temperatur disarankan untuk menggunakan tulangan susut Wermesh M-12.

PERSIAPAN PENGECORAN

Tiang Penyangga sementara diperlukan untuk mencegah lendutan pada saat masih basah, tergantung dari keadaan betonnya, biasanya penyangga sementara ini dapat dilepas setelah umur beton mencapai 7 – 14 hari

Secara runnut pemasangan bondek/floordeck ialah sebagai berikut:
Untuk melakukan pemasangannya, maka Anda harus memasangnya dengan urut sehingga hasilnya benar, maksimal sekaligus pengerjaannya lebih cepat dan secara otomatis, akan lebih hemat lagi.

Cobalah untuk memasang bekisting kolom atau cor kolom sebab walaupun Anda telah menggunakan bondek, namun kolom dak ini harus dan wajib untuk dibuat.

Setelah Anda memasang kolom dak, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang bekisting balok. Pemasangannya harus dilakukan hati-hati dan teliti setelah membuat sehingga tidak ada kesalahan ketika hendak mengecor.

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang perancah.
Perancah yang dipasang ini adalah perancah lantai dan sering disebut dengan steger. Steger ini tepat dan harus dipasang setelah Anda memasang bekisting kolom dan juga blok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: copyright © amanahbaja.com