Besi Wiremesh

Besi Wiremesh – Wiremesh termasuk ke dalam salah satu material konstruksi yang menjadi alas penguat atau tulangan dalam pengecoran. Adapun pembuatan wiremesh yaitu menggunakan beberapa gabungan potongan batang logam, aluminium ataupun baja dalam jumlah yang banyak.

Selanjutnya gabungan batang besi tersebut dihubungankan satu sama lain menjadi bentuk lembaran.

Penggabungan besi tersebut pada umumnya dihubungkan menggunakan las ataupun diikat menggunakan pin.

Pola yang terbentuk dari gabungan tersebut yaitu grid dan lembaran seperti pola anyaman bahkan ada yang dapat dilipat berbentuk roll (digulung).

besi wiremesh las yang ditumpuk dan siap didistribusikan

Sebelum kita melanjutkan ulasan cek list harga dari amanah baja jika anda sedang mencari wiremesh dengan harga kompetitif dan standar SNI. berikut tabel harganya:

list harga wiremesh dan bondek

Wiremesh Jenis Rol Dan Lembaran

Wiremesh atau kawat las  terdiri dari rangkaian kawat longitudinal paralel dengan jarak yang akurat. Proses kerja dengan mesin menghasilkan mesh dengan kontrol dimensi yang tepat. Salah satu material konstruksi ini jadi solusi untuk menghemat waktu kerja, tenaga dan uang.

Adapun jenis besi wiremesh ada 2 macam, yaitu :

  1. Berupa lembaran. Ukuran standar yang ada adalah 2,1 meter x 5,4 meter.
  2. Berupa gulungan atau roll. Ukurannya lebar 2,1 meter dan panjangnya bisa mencapai 54 meter.

Ukuran terkecil dari diameter besi wiremesh adalah 4 dan yang terbesar 10. Biasanya penyebutan diameter besi wiremesh M4, M5, dan seterusnya.

Manfaat Besi Wiremesh Untuk Konstruksi

Pada bidang konstruksi, wiremesh memiliki peranan sangat penting karena material ini digunakan untuk beton bertulang, terutama untuk lembaran. Dengan demikian, beton struktural akan menjadi kuat dan kokoh. Keberadaannya bisa meningkatkan kekuatan beton dengan kawat atau baja yang terpasang.

Wiremesh banyak digunakan untuk bahan penguat atau tulangan dalam pengecoran, seperti untuk pengecoran jalan dan lantai. Umumnya ukuran M8, M9, M10 digunakan untuk gedung bertingkat. sedangkan untuk M4, M5, M6 dipergunakan untuk rumah.

Kegunaan lainnya dari material ini juga dapat digunakan untuk kawat bronjong, penguat talud, dan anak tangga.

Besi wiremesh yang baik adalah yang proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis. Jadi jarak antar kawat selalu konsisten dan seragam. Demikian pula dengan penampang lintang, juga selalu konsisten. Sehingga kawat pada besi wiremesh tidak akan pernah berkurang serta semua susunan selalu berada di posisinya masing-masing.

Kelebihan

Dibandingkan dengan besi beton biasa, berikut adalah kelebihan dari wiremesh:

  1. Pekerjaan jadi lebih efisien karena pembesian tulangan beton dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat karena tidak harus merangkai lagi, hanya digelar saja.
  2. Ketepatan jarak tulangan beton tepat dan konsisten sehingga meningkatkan mutu.
  3. Memudahkan dalam pengawasan pekerjaan pembesian di lapangan.
  4. Pengiriman materialnya lebih mudah karena wiremesh berukuran 2,1 x 5,4 m tidak sepanjang besi beton yang panjangnya 12 m sehingga mudah nda fleksibel dalam hal transportasi.
  5. Penggunaan wiremesh yang akan mengurangi berat besi tulangan dalam beton menjadikan konstruksi lebih ekonomis.

Jenis dan Ukuran Wiremesh

Terdapat 2 jenis wiremesh yang ada di pasaran saat ini. Pertama bentuktuk lembaran, dan kedua bentuk roll. Masing-masing dipakai untuk konstruksi yang berbeda.

Karenanya, dalam perencanaan sebuah konstruksi, wajib memperhatikan dan teliti dalam menentukan jenis wiremesh. Berikut ini perbedaan serta kesamaan kedua jenis wiremesh tersebut :

  • Kekuatan
    Dari sisi kekuatan, tergantung pada mutu besi yang dipakai baik lembaran maupun roll
  • Pemasangan
    Bentuk lembaran, butuh waktu pemasangan lebih lama dibandingkan roll. Hal ini karena bentuk lembaran butuh perakitan yang lebih rumit.
  • Penggunaan
    Bentuk lembaran atau konvensional dipakai untuk balok, kolom, dan juga pondasi. Sedangkan bentuk roll banyak digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar, seperti plat lantai.
  • Harga wiremesh
    Harga konvensional lembaran lebih mahal, dan akan dihitung dengan sistem kilogram atau batangan. Sedangkan bentuk roll lebih murah dengan hitungan permeter.
  • Pengangkutan
    Bentuk lembaran akan butuh pengangkutan yang lebih rumit dengan kendaraan panjang. Sedangan bentuk roll lebih mudah diangkut karena dikemas dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu gulungan atau roll.

Baik wiremesh lembaran maupun roll memiliki variasi ukuran yang beragam, yaitu :

  • Ukuran 2.1 x 54 meter dengan spasi 15×15
  • Variasi ukuran diameter masing-masing besi perakit wiremesh  dalam diameter : 4mm, 4,7mm, 4,5mm, 5,7mm, 6,7mm, hingga 11,5mm yang disesuaikan dengan kebutuhan di konstruksi.

Ukuran Wiremesh Untuk Bondek

Ukuran untuk bondek  dengan spesifikasi standar yaitu ukuran maksimum 8 x 1 m (panjang kali lebar) dengan ketebalan 0.75mm, 0.70mm dan 0.65mm.

Sedangkan ukuran standar untuk kepentingan dak bondek beton yaitu 5 x 2 m (panjang kali lebar) dengan diameter 5 mm, 8 mm dan 10 mm.

Demikian ulasan seputar wiremesh dari amanah baja. Amanah baja juga menjual material-material konstruksi lain selain wiremesh dengan harga kompetitif dan standar SNI. Silakan cek list harganya dengan meng-klik —> Daftar harga material konstruksi amanahbaja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: copyright © amanahbaja.com